Kamis, 05 September 2013

21 UKM di PIK Pulogadung Dilatih Smart Bisnis

Jakarta, Blogger
Dari 530-an usaha kecil dan menengah (UKM) di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung, Jakarta Timur baru 40-an yang telah dilatih pemasaran secara online. Hal itu dikemukakan Irwandi SH MM, Kepala Unit Pengelola Kawasan Pusat Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Permukiman (UPK PPUMKMP) Pulogadung di kantornya Rabu (4/9).

Namun pelatihan penggunaan internet untuk bisnis bagi UKM terus dilakukan. Setelah 3 bulan yang lalu dilakukan pelatihan yang diikuti 21 orang, Rabu kemarin dibuka kembali bekerjasama dengan Telkom Indonesia. Diakui Irwandi, kali ini pesertanya juga hanya 21 orang, tetapi malahan ideal agar lebih efektif transfer keilmuannya.

Diakuinya, bagi pelaku UKM yang sudah tua pelatihan smart bisnis semacam itu sulit diikuti. “Makanya saya anjurkan agar diwakilkan anaknya. Boleh kok,” ujarnya. Selama ini pihaknya sudah memiliki website www.kiospikpulogadung.com. Sedangkan dengan Telkom Indonesia dibuatkan website baru yaitu www.pikpenggilingan.com.
www.kiospikpulogadung.com

www.pikpenggilingan.com


Menurut Ramdani dari PT Telkom Indonesia saat ini yang menjadi anggota smart bisnis sudah 140 UKM dengan 120 produk. Pemasaran secara online jauh lebih murah dan jangkauannya lebih luas. Tetapi bagi yang sudah biasa konvensional sulit mengikutinya. Hal itu diakui Dony pengusaha garment di PIK Pulogadung yang kemarin ikut pelatihan. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar