Minggu, 08 September 2013

DKI Raih Medali Perak di Kejuaraan Folkore Dunia

Jakarta, Blog

Tim kesenian DKI Jakarta yang mewakili Indonesia berhasil menjadi Juara II dan meraih medali perak dalam Kejuaraan Folklore Dunia 2013 yang berlangsung di Burgas, Bulgaria 24 Agustus - 1 September. Dalam kejuaraan yang diikuti 24 negara seluruh dunia itu medali emas diraih Mongolia dan perunggu diraih Georgia.

Penari DKI mewakili Indonesia di kota Nessebar Bulgaria sebelum pentas.

Penari DKI yang raih perak di Bulgaria.
Pimpinan delegasi kesenian tersebut Ahmad Gozali mengkapkan hal itu Kamis (5/9) kemarin. “Saya sudah melaporkan kepada Bapak Kepala Dinas,” katanya. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman menyatakan ini merupakan bukti kualitas kesenian sumber daya manusia DKI mampu bersaing di dunia internasional. “Karena itu Disparbud DKI Jakarta selalu memfasilitasi tim tim kesenian di Jakarta untuk meraih prestasi ke festival kelas dunia,” ujarnya. Diharapkan pula dengan prestasi di Bulgaria itu generasi muda pelaku seni termotivasi untuk meningkatkan prestasinya dengan mengikuti festival festival di Jakarta.

Ahmad Gozali, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Disparbud DKI menguraikan lebih lanjut, tim kesenian DKI berjumlah 21 pemusik dan penari di samping official. Cara penilaiannya melalui tiga penampilan, baru terakhir ditentukan pemenangnya. “Tari yang ditampilkan Nindak Nandak khas Betawi ciptaan Udin Kacrit, tari Nopeng Nyok juga gaya Betawi dan tari campuran gaya Sumatra bertajuk Sarundeng.

Medali, piala mapun piagam diberikan oleh Presiden World Associasion of Folkore Festival, Kaloyan Nikolov. Selain Wali Kota Nessebar Nikolay Dimitrov, pada hari terakhir hadir pula Dubes Indonesia di Bulagaria, Bunyan Saptono menyemangati delegasi kesenian Indonesia.

Rombongan kesenian ini pulangnya singgah di Istanbul Turki untuk memberikan workshop senibudaya kepada 20 mahasiswa Indonesia yang ada di kota itu disaksikan Konsul Jenderal Indonesia, Abdullah Hariadi Kusumaningprang.***





Tidak ada komentar:

Posting Komentar