Sabtu, 10 Mei 2014

Kantor Dukcapil Jaktim Pindah ke Pulogadung

Jakarta, Berita Penting
Sejak 5 Mei 2014 kantor pelayanan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur (Sudin Dukcapil Jaktim)  pindah dari Gedung D Komplek Kantor Wali Kota Jaktim di Pulogebang, Kecamatan  Cakung ke tempat yang baru di  Jl Cipinang Baru nomor 16,  Kecamatan Pulogadung. Sampai hari kelima (Jumat 9/5) lebih 50% warga  masyarakat datang ke kantor baru untuk mendapatkan pelayanan  kependudukan dan catatan sipil,  baik akte kelahiran,  akte pernikahan, maupun urusan KTP dan KK. Wali Kota Jakarta Timur Drs H Krisdianto  Rabu (7/5) meninjau sekaligus rapat kordinasi di kantor  tersebut.
 "Kepindahan tersebut demi meningkatkan pelayanan masyarakat.  Di sini loket pelayanannya ada  di lantai 1 sedang di sana di lantai 14. Kalau sudah sore liftnya harus mati," kata Kepala Sudin Dukcapil  Jaktim, H Abdul Haris didampingi Kasi Pencatatan Relfi Sihotang di kantornya Jumat (9/5). Selama 5 hari ini  juga sudah ada 5 pasang pengantin mencatatkan pernikahannya di kantor catatan sipil tersebut. Sedangkan di kantor lama rata-rata sehari ada 3 pasang yang menikah dan minta dicatat di catatan sipil.
Menurut  Haris, di lokasi lama meskipun tempat parkirnya  luas , tetapi kantor pelayanannya  berada di lantai 14 yang tidak cocok untuk keperluan itu. "Lagi pula di sana tak ada tempat arsip. Padahal Dukcapil harus didukung arsip yang selama itu masih berada di gedung ini," kilahnya.  Bahwasanya harus ada perbaikan dan perluasan ruang tunggu di gedung Cipinang Baru, Haris mengatakan akan dibangun awning di depan kantor.
Memang ada yang lebih senang di kantor Wali Kota karena tempat parkirnya luas. Namun  ada pula yang memilih di Jl Cipinang Baru, karena tidak usah antre naik  lift ke tingkat 14. "Pro dan kontra hal yang biasa," kata Haris lagi
Wali Kota Krisdianto ketika ditanya wartawan menjelaskan, selain Sudin Dukcapil Jaktim memanfaatkan asset DKI yang sudah 2 tahun lebih   idle (mengganggur), lantai 14 bekas Dukcapil akan digunakan oleh unit lain yang masih membutuhkan space kantor. "Itu semua demi peningkatan pelayanan masyarakat," tandasnya. ****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar